Archive Pages Design$type=blogging

Jenis-jenis Sertifikat Rumah

Jenis-jenis Sertifikat Rumah

Jenis-jenis Sertifikat Rumah - Pencarian rumah impian sudah dapat dipastikan berakhir dengan pembelian. Untuk kamu yang telah beberapa kali membeli properti, pastinya sangat terbiasa dengan urusan hukum jual-beli properti. Nah, untuk kamu yang baru pertama kali membeli atau menjual rumah, proses pembelian bisa jadi merupakan hal baru. Selain kamu harus mengetahui kondisi rumah dan lingkungannya, sebaiknya sebagai pembeli, kamu juga harus memperhatikan jenis sertifikat yang ditawarkan oleh penjual rumah atau pengembang perumahan.

Berikut adalah jenis-jenis sertifikat yang perlu kamu tahu:

1. Sertifikat Hak Milik (SHM)

Sertifikat jenis ini merupakan sertifikat tertinggi dengan hak kepemilikan penuh oleh pemegang sertifikat. Sertifikat jenis ini juga tidak mengenal batas waktu. SHM merupakan sertifikat terkuat dan tervalid dari kepemilikan suatu lahan dan properti, baik dalam transaksi jual-beli maupun dalam penjaminan untuk kepentingan biaya perbankan. Namun, sertifikat ini hanya dapat dimiliki oleh pemilik rumah yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).



2. Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB)

Serifikat ini tidak hanya dapat dimiliki oleh WNI, orang asing pun dapat memiliki sertifkat ini. Namun, pemilik sertifikat ini hanya memberikan hak pemanfaatan tanah kepada pemegang SHGB, baik untuk mendirikan bangunan tempat tinggal atau usaha, namun tanah tersebut tetap milik pemerintah. Sertifikat ini memiliki jangka waktu selama 30 tahun. Setelahnya, pemegang sertifikat dapat memperpanjang SHGB-nya.

Sertifikat ini bisa ditingkatkan kepemilikannya menjadi SHM melalui kantor pertanahan di wilayah tanah/rumah tersebut berada, dengan beberapa syarat, di antaranya:
- Tanah dengan SHGB tersebut adalah milik WNI dengan luas kurang dari 600 meter persegi,
- Masih menguasai tanah,
- Mempunyai SHGB yang masih berlaku ataupun sudah habis masanya.

Peningkatan sertifikat ini memungut biaya pengurusan yang disesuikan dengan daerah masing-masing.

3. Sertifikat Hak Satun Rumah Susuh (SHSRS)

Sertifikat ini dimiliki oleh mereka yang memiliki unit hunian vertikal yang dibangun di atas tanah bersama-sama. Pengaturan kepemilikan bersama dalam satuan hunian vertikal ini digunakan untuk memberi dasar kedudukan atas benda tak bergerak yang menjadi obyek kepemilikan di luar unit, sebut saja taman, tempat parkir, hingga area lobi.

4. Akta Jual Beli (AJB)

Surat ini bukanlah sertifikat. Akta Jual Beli hanya berfungsi sebagai bukti pengalihan hak atas kepemilikan tanah setelah terjadinya proses jual-beli tanah. Karena sangat rentan adanya AJB ganda, disarankan untuk segera meningkatkannya menjadi SHM.
(Berita Properti untuk Properti Indonesia)

COMMENTS

Nama

Agenda Properti Arsitektur Beranda Berita Properti Bisnis Properti Fengshui Figur Inspiratif Interior Investasi Properti Konsultasi Properti Properti Baru Properti Mancanegara Properti Terbaru Properti247 Solusi Properti Tips Broker
false
ltr
item
Properti247 : Berita Properti: Jenis-jenis Sertifikat Rumah
Jenis-jenis Sertifikat Rumah
Jenis-jenis Sertifikat Rumah
https://4.bp.blogspot.com/-Wo4LIuLbQQg/VvjoxWVCUMI/AAAAAAAAAiw/h01ciG0w7Doz00yJMlxBOVtWxLVv_5UOA/s640/sertifikatproperti.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Wo4LIuLbQQg/VvjoxWVCUMI/AAAAAAAAAiw/h01ciG0w7Doz00yJMlxBOVtWxLVv_5UOA/s72-c/sertifikatproperti.jpg
Properti247 : Berita Properti
http://www.properti247.com/2016/03/jenis-jenis-sertifikat-rumah.html
http://www.properti247.com/
http://www.properti247.com/
http://www.properti247.com/2016/03/jenis-jenis-sertifikat-rumah.html
true
3694327595605048210
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago